Mulanya adalah Impian Lucu-lucuan

muvila-roundtable-aadc-ori
Photo by Ivan Marlianto & Property of Muvila.com

Sebelum Andrea Hirata mendengungkan “Bermimpilah, karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpi itu”, sehingga kini akhirnya menjadi semacam kredo, saya sudah lebih dulu banyak bermimpi. Kadang mimpi di dalam tidur, tapi lebih sering bermimpi dalam bengong, biasanya di dalam bus Damri jurusan Jatinangor-Dipati Ukur. Saat itu, sekitar tahun 2002-2004, saya masih mahasiswa.

Kebanyakan mimpi (impian) itu mengada-ada, kecil bukan impian yang besar, impian yang jauh dari kesan serius, dan lebih menyerupai khayalan lucu-lucuan—yang bikin geli sendiri jika dibayangkan lagi haha.

Salah satu impian aneh itu adalah suatu saat bisa bercengkerama dengan Dian Sastrowardoyo, Nicholas Saputra, Adinia Wirasti, dan dua sineas favorit saya, Riri Riza dan Mira Lesmana. Ya, saya memang bagian dari generasi milenial yang terpikat dengan film Ada Apa Dengan Cinta? (AADC).

Tahun bertambah. Impian kecil yang remeh nan mengada-ada itu ternyata pelan-pelan menjadi ada, terwujud. Ini terjadi berkat pekerjaan saya sebagai wartawan. Pertama mewawancarai Nicholas Saputra pada tahun 2007 dan 2009 (ternyata Nico adik kelas saya di SMP 41, dia setahun di bawah saya). Lalu, saya mewawancarai Adinia Wirasti, Mira Lesmana dan Riri Riza pada tahun 2010. Saya kemudian dapat kesempatan untuk bertemu lagi beberapa kali dengan mereka sepanjang tahun 2012 sampai 2015. Semuanya untuk keperluan peliputan.

Nah, kalau pertemuan dengan Dian berawal dari acara menonton film Drupadi di Nonton Yuk! Muvila pada Oktober 2014 yang dipadati lebih dari 150 orang di Galeri Indonesia Kaya. Saat itu, saya menjadi moderator untuk sesi diskusi Drupadi selepas menonton, dan Dian tentu saja menjadi narasumber dan bintangnya. Drupadi dibintangi dan diproduseri Dian.

muvila-nonton-yuk-drupadi

Sebulan setelahnya, saya mewawancarai Dian lagi untuk 7/24, film terbarunya setelah ia vakum enam tahun dari dunia akting. Lucunya, waktu itu Dian pakai baju yang sama dengan saat acara nonton Drupadi.

“Aduh gua pake baju yang sama nih kayak terakhir pas ketemu lo,” kata Dian waktu itu, seperti tak pede.

Rupanya, acara Nonton Yuk! film Drupadi dan wawancara tentang 7/24 oleh Muvila menancapkan impresi kuat di benak Dian. Dampaknya, dia langsung bilang iya ketika diminta Muvila untuk menjadi narasumber untuk Muvila Roundtable perdana yang membahas tentang keaktoran. Syuting Muvila Roundtable ini berlangsung pada Februari 2015. Saya menjadi produser tayangan eksklusif Muvila itu.

muvila-roundtable-actors
Photo by Jill Hendrawan & Property of Muvila.com

Setahun setelahnya, Muvila Roundtable ketiga diproduksi, kali ini khusus membahas film AADC. Saya ditugaskan lagi menjadi host Muvila Roundtable merangkap produser. Ini adalah kedua kalinya saya menjadi host setelah Muvila Roundtable kedua yang membahas tentang produser film pada Agustus 2015.

Di Muvila Roundtable with AADC ini, berkumpullah semua subjek dari salah satu impian saya lebih dari satu dekade lalu. Riri Riza, Mira Lesmana, Dian Sastrowardoyo, Nicholas Saputra, dan Adinia Wirasti. Saya jadi host-nya dan duduk di tengah-tengah mereka.

“Kok lo kurusan?” sapa Dian pertama kali ke saya sewaktu datang ke roundtable.

Saya berkilah, “Masa sih. Kayaknya karena rambut gua deh dipotong pendek.”

“Oiya ya. Bagusan begini rambut lo,” balas Dian.

Well, ternyata memang benar, mimpi dan impian sekecil dan seremeh apa pun pasti bisa terwujud kalau kita konsisten. Tentu masih banyak mimpi dan impian saya lain yang pelan-pelan terwujud, walau belum tersaji maksimal. Ada pula mimpi yang entah akan saya wujudkan atau lebih baik dibenamkan saja di limbo selama-lamanya. Entahlah.

muvila-roundtable-producers
Photo by Ivan Marlianto & Property of Muvila.com

By the way, jujur, dibandingkan saat menjadi host di Muvila Roundtable with Producer, saya tak lagi grogi saat Muvila Roundtable with AADC. Mungkin karena sudah kenal dan beberapa kali bertemu Dian, Nico, Asti, Mas Riri dan Mba Mira, kali. Yah, walaupun begitu, tetap saja muka saya susah senyum dan kelihatan seperti judes dan ngambek di banyak shot haha. Maafkan ya, saya ramah kok aslinya haha.

Menjelang perilisan AADC 2, kalau mau, silakan tonton rangkaian video Muvila Roundtable with AADC di Muvila.com atau akun YouTube Muvila Exclusive.

————————————————————————–

Saya: Gua di mana nih posisinya?

Dian: Sini sini. Elo di tengah. Gua yang duduk.

Dan jadilah foto ajaib dan langka di atas ini–seenggaknya buat saya haha

Muvila Roundtable with AADC
Production: Muvila.com
Location: THE 1O1 Jakarta SedayuDarmawangsa
Make Up & Grooming: Jakarta Makeup Artistry
Photoshoot Property: Ethnicraft
Wardrobe: Fe.Li.Ta by Felita Wirawan, Lekat, Sejauh Mata Memandang, (X).S.M.L, Ensemble, Localbrand.co.id.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s