Saya Selebriti, Maka Saya Harus Ber-Selfie

nadya-selfie-H

 

Selebriti dan selfie ibarat dua sisi keping uang logam yang tak terpisahkan. Mengapa dan bagaimana bisa?

Miley Ray Cyrus ternyata bukan hanya selebriti yang kerap bikin aksi heboh nan kontroversial. Tapi, mantan kekasih Liam Hesmworth ini juga layak untuk disematkan gelar Selebriti yang Paling Sering Lakukan Selfie. Ini bukan gelar yang sembarangan dibikin. Ada dasarnya yang ditilik dari akun Twitter Miley Cyrus.

Lewat social media tersebut, hingga Oktober 2013 Miley tercatat telah mengunggah dan menyebarkan selfie-nya sebanyak 121 buah. Saat itu, dia menduduki peringkat puncak dalam daftar 25 selebriti yang paling sering ber-selfie ria. Empat selebriti di urutan bawahnya secara berturut-turut ada Tyra Banks (62 selfie), Kendall Jenner (35 selfie), Demi Lovato (32 selfie), dan Lady Gaga (27 selfie).

Selfie Kim Kardashian.
Selfie Kim Kardashian.

Itu di Twitter. Sedangkan di Instagram pemegang rekornya beda lagi. Kylie Jenner dari reality show populer Amrik, Keeping Up with the Kardashians, berada di puncak daftar seleb paling sering ber-selfie di Instagram per Oktober 2012. Setelah Kylie yang mengunggah 451 selfie sejak bikin akun Instagram pada 19 Juni 2012, ada Snoop Dogg (217 selfie), Ariana Grande (243 selfie), Kendall Jenner (236 selfie) dan, tentu saja, Kim Kardashian (216 selfie).

Seleb pemegang rekor itu, baik dari perhitungan di Twitter maupun Instagram, amat mungkin berubah jika direkap ulang pada detik di tahun 2014 ini. Tapi yang tak bisa dipungkiri, tahun 2013 merupakan titik bersejarah bagi selfie. Sebab, saat itulah ‘selfie’ ditasbihkan menjadi kata benda sekaligus wujud perilaku yang mainstream. Selfie segera jadi budaya populer.

Pasu Francis ikutan ber-selfie.
Pasu Francis ikutan ber-selfie.

Kepopuleran kata ‘selfie’ makin menjadi-jadi, karena tak hanya selebriti yang gemar melakukan selfie. Pemimpin umat Katholik, Paus Francis, dengan seorang remaja kedapatan ber-selfie pada 28 Agustus 2013 di sela-sela acara ziarah keagamaan. Lalu ada Kevin Rudd, Perdana Menteri Australia, yang rutin mengunggah foto bertagar selfie-nya di Twitter. Putra mahkota tahta Kerajaan Inggris, Pangeran Charles dan Pangeran William pun ber-selfie.

Dan, tentu kita ingat satu selfie yang menghebohkan saat pemakaman Nelson Mandela, karena melibatkan tiga pemimpin negara maju: Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Perdana Menteri Inggris David Cameron, dan Perdana Menteri Denmark Helle Thorning. Dari dalam negeri, Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono pun tak ketinggalan ber-selfie bersama Perdana Menteri Malaysia Najib Razak.

Foto-foto para tokoh penting dunia itu langsung menyebar bak virus di dunia maya dan jadi topik hangat untuk dibicarakan, baik oleh netizen maupun pengunjung warung kopi di dunia nyata. Tak mengherankan jika pada tahun lalu Oxford Dictionaries menobatkan ‘selfie’ sebagai Word of The Year. Oxford Dictionary Online lalu resmi memasukkan ‘selfie’ ke dalam daftar katanya pada Agustus lalu.

Selfie Obama.
Selfie Obama.

Kamus itu memaknai ‘selfie’ sebagai “a photograph that one has taken of oneself, typically with a smartphone or webcam and uploaded to a social media website”. Dari makna tersebut, tampak ada peran penting teknologi telepon seluler dan social media demi membuat selfie jadi kelakuan jamak masyarakat modern. Bahkan, menurut sebuah riset yang dilansir Daily Mail belum ini, ada 17 juta selfie yang disebar di dunia maya setiap minggunya.

“Situs social media membantu mempopulerkan kata itu dengan tagar #selfie yang muncul di situs photo-sharing Flickr pada awal tahun 2004, tapi penggunaan (#selfie) tidak menyebar luas hingga sekitar tahun 2014, ketika selfie menjadi umum dipakai dalam sumber media yang mainstream,” ujar Judy Pearsall, Direktur Redaksi Oxford Dictionaries kepada BBC.

SBY dan PM Malaysia
SBY dan PM Malaysia

Ya, ada rentang nyaris 10 tahun sebelum akhirnya ‘selfie‘ jadi term atau istilah yang terkenal. Apa saja yang terjadi dalam hampir satu dekade itu? Setelah foto bertagar #selfie yang pertama muncul dalam Flickr pada tahun 2004, lalu pada tahun 2005 Jim Krause menulis buku Photo Idea Index. Di situ, Jim menjelaskan kata ‘selfie’, “The guesswork that goes into selfies often results in serendipitous photographic surprises.”

Sejak tahun 2005 sampai 2008, situs jejaring sosial MySpace berperan dalam menggariskan ciri-ciri selfie lewat term ‘MySpace pic’. Term itu dapat diartikan sebagai foto potret diri yang diambil secara amatiran dengan kilatan blitz dan tak jarang dijepret di depan cermin kamar mandi. Kualitas fotonya pun kerap di bawah standar. Apalagi, saat itu mutu kamera ponsel masih seadanya. Pada tahun 2009, dominasi MySpace lalu tergerus Facebook.

Situs bikinan Mark Zuckerberg tersebut memiliki fitur dan desain yang memungkinkan para penggunanya untuk mengunggah foto dengan kualitas yang lebih ciamik. Titik perubahan hadir pada tahun 2010 sewaktu iPhone 4 dirilis. Ponsel pintar itu memiliki kamera di bagian depan dengan kualitas bagus. Alhasil, para penggunanya juga bisa mengontrol lebih baik pose dirinya sebelum memotret.

Nadya Hutagalung termasuk sering unggah selfie-nya di Instagram.
Nadya Hutagalung termasuk sering unggah selfie-nya di Instagram.

Kemunculan social media Instagram pada Oktober 2010—yang kemudian mempunyai lebih dari 100 juta pengguna aktif pada April 2012—makin membuat selfie makin menjalar saja. Soalnya, pengguna Instagram bisa menyebar foto mereka langsung dari ponsel, plus ada pula filter-filter yang membuat foto makin terlihat ‘artistik’. Sejak saat itu, ada 23 juta foto bertagar #selfie diunggah ke Instagram.

Kualitas foto bertagar #selfie mulai berevolusi dengan hadirnya ponsel Samsung Galaxy S4 yang memiliki kamera depan 2 megapiksel pada April 2013. Dua bulan setelah itu, Instagram meluncurkan aplikasi versi keempatnya yang di dalamnya memuat fitur video 15 detik. Selfie pun tak lagi beredar dalam bentuk foto. Dan, memang mesti diakui, Instagram boleh dibilang sebagai rumahnya selfie.

Ada Agnez Monica dalam daftar 25 seleb yang sering ber-selfie di Twitter. (Sumber: Huffington Post)
Ada Agnez Monica dalam daftar 25 seleb yang sering ber-selfie di Twitter. (Sumber: Huffington Post)

Aplikasi ini memang menunjang persyaratan bagi sebuah selfie supaya bisa memikat banyak orang. Instagram memungkinkan penggunanya untuk meng-edit dan membuat foto-fotonya jadi terlihat artsy sebelum diunggah. Tak heran Instagram kini memiliki 150 juta pengguna, 16 miliar foto dari penggunanya, dan melahirkan 1 miliar ‘like’ per harinya. Foto bertagar #selfie yang berseliweran di Instagram tercatat berjumlah 42 juta buah.

Instagram pun menjadi social media yang paling jamak dipakai oleh para selebriti untuk menyebar foto bertagar #selfie mereka. Buktinya, dari 50 selebriti dunia yang paling banyak memiliki follower di Twitter dan Instagram, ada 3933 selfie mereka yang diunggah di Instagram, sedangkan di Twitter hanya ada 347 selfie. Yang unik, walau tak termasuk selebriti yang sering ber-selfie ria di Instagram, tapi jika dipukul rata Miley Cyrus tetap jadi selebriti tersering yang mengunggah selfie-nya di social media.

“Instagram (dan social media lainnya) mengizinkan publik untuk menjadikan fotografi sebagai sebuah sumber pemberdayaan. Aplikasi itu menawarkan bentuk perlawanan terhadap rentetan gambar sempurna yang kita temui setiap hari. Ketimbang dibombardir oleh segala kreasi itu, kita bisa melongok ke Instagram kita dan melihat gambar-gambar nyata tentang orang lain dengan berbagai keanekaragamannya,” jelas Sarah J Gervais Ph.D.

Selfie Rihanna di Instagram.
Selfie Rihanna di Instagram.

Pakar psikologi dari Universitas Nebraska itu menulis dalam artikel “Does Instagram Promote Positive Body Image?” di Psychology Today, “Instagram juga mengizinkan kita untuk melihat apa yang ada di bawah permukaan. Kita menangkap kilasan tentang apa yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari orang lain. Kita ikut mendapatkan perasaan dari hal-hal yang membuat hari-hari jadi luar biasa.”

Maka gempuran selfie para seleb itu terbilang wajar, kata Mark Borkowski. Pakar dan praktisi public relation asal Inggris itu bilang bahwa selebriti akan menggunakan segala saluran media yang tersedia demi berkomunikasi dan membangun loyalitas para fansnya.

25 seleb paling sering mengunggah selfie di Instagram. (Sumber: Huffington Post)
25 seleb paling sering mengunggah selfie di Instagram. (Sumber: Huffington Post)

“Dalam setiap aspek kehidupannya, Rihanna membolehkan orang lain memasukinya. Beberapa orang (seleb) sangat terbiasa dan merasa normal untuk bersikap seperti itu, dan merasa nyaman dengan keterbukaan itu. Itu bukan jadi masalah. Tapi cara itu jadi buntu jika yang ditampilkan tidak riil. Selfie harus memperlihatkan siapa diri kamu sebenarnya,” papar Mark.

Nah, selanjutnya, terserah kita mau percaya atau tidak para selebriti itu benar-benar menjadi diri seutuhnya dalam selfie mereka di Twitter atau Instagram.

Dian Sastro juga gemar bikin selfie.
Dian Sastro juga gemar bikin selfie.

 

Artikel ini terbit pertama kali di Muvila.com pada 10 Januari 2014.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s