Kebetulan Saja?

Hanya kebetulan. Begitu pikir saya saat menanggapi suatu kejadian aneh. Saya memang tak mau ambil pusing, daripada berpikir yang tidak-tidak. Begitu juga peristiwa yang saya alami ini.

Sekitar seminggu yang lalu, tepatnya di hari Sabtu, saya mengikuti tes masuk suatu institusi. Sebenarnya, saya kurang siap mengikuti tes itu. Penyebabnya, kelelahan dan kurang tidur. Pada hari Jumat, ada banyak pekerjaan yang harus dibereskan. Alhasil, saya baru tiba di rumah sekitar pukul 4 pagi.

Saya berangkat ke tempat tes sekitar pukul 7.30 pagi. Cuma membawa niat dan membaca basmallah dari rumah. Kalau diterima syukur, tidak diterima berarti belum jodoh saya. Sejam kemudian, tes itu dimulai. Kejadian penuh kebetulan itu pun dimulai.

Saat saya mengisi kolom nomor peserta, saya belum berpikir yang aneh-aneh. 2007262027. “Mmmh, nomor yang agak cantik juga nih,” pikir saya sekilas. Ada angka favorit saya di deretan nomor itu: 7.

Lalu, saya pindah ke kolom tanggal-bulan-tahun pelaksanaan tes itu. Saya isi di lembar jawaban komputer itu: 07-07-07. Lucu juga, kok angka 7 melulu. Ada apa dengan angka 7 ini. Iseng-iseng, saya mengamati ruang kelas tes saya itu. Mata saya pun tertumbuk pada kode ruangan yang ditempel di pintu: G403.

Saya mencoba memecah kode ruangan itu. Ternyata, G adalah huruf urutan ke-7 alphabet. Kemudian, angka 403. Jika tiga angka itu dijumlahkan, hasilnya adalah angka 7. Tiba-tiba teringat kalau saya bangun pagi di hari itu pada pukul 7.

Lho, ini sih aneh. Tapi sudahlah, mungkin hanya kebetulan saja. Saya pun melanjutkan tes yang melelahkan itu, dan serbuan si angka 7 lambat laun hilang di pikiran saya.

Tes itu kelar di atas pukul 3 sore. Dalam perjalanan ke rumah, saya mampir ke warnet. Browsing sana-sini, lalu log out. Di kasir, saya bertanya, “Berapa mas?”

“7000.”

 

PS: Ditulis pada Juli 2007.

Leave a Reply

